Selamat Datang, Tamu |
Anda harus mendaftar sebelum Anda dapat melakukan posting pada situs kami. |
“Animation is not the art of drawings that move but the art of movements that are drawn.” - Norman McLaren
“What I love most about animation is, it's a team sport, and everything we do is about pure imagination.” - Jeffrey Katzenberg
“Nothing's occurring in animation - you manufacture everything.” - Gore Verbinski
“A lot of the time in animation is spent getting the story right - that's something you can't rush.” - Jennifer Yuh Nelson
or image, or whatever you want! :D
Statistik Forum |
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Pengguna Yang Online |
Sedang ada 11 pengguna online. » 0 Anggota | 10 Tamu(s) |
Cari Forum |
(Pencarian Mahir) |
Character Modelling IShowSpeed
Cloth Modelling IShowSpeed
![[Gambar: SMZFTS1.png]](https://i.imgur.com/SMZFTS1.png)
Kita mulai dari atas
Yang pertama ada antingnya Speed
![[Gambar: XEgCAuE.jpg]](https://i.imgur.com/XEgCAuE.jpg)
Kalau dilihat dari referensinya bentuknya bulet jadi bisa kita buat dari Cylinder atau Circle, kalau disini kita pakai Circle dengan 10 vertex dan di extrude dan di fiil untuk buat bentuk antingnya dan untuk logo petirnya pakai salah satu face yang di duplicate[Shift+D] dan dibentuk agar bentuknya jadi kaya petir
![[Gambar: TXFE3Io.png]](https://i.imgur.com/TXFE3Io.png)
Dan selanjutnya ada gelang2 yang dipakai sama speed
![[Gambar: KJofcpz.png]](https://i.imgur.com/KJofcpz.png)
Untuk aksesoris yang kaya gelang di tangan kanannya itu kita bisa duplicate[Shift+D] face dari pergelangan tangan model speed dan di separate[P] kaya pas bikin jersey sama batiknya, habis itu bisa di duplicate di edit mode terus dibuat numpuk sama di tata, dan ditambah serabut serabut dengan duplicate[Shift +D] dan di Extrude[E] keluar
![[Gambar: ou9T68C.png]](https://i.imgur.com/ou9T68C.png)
Kalau yang gelang di tangan kirinya juga sama kaya yang kanan tapi lebih sedikit dan ada satu gelang lagi yang ada beadnya
![[Gambar: Gqu3AwC.png]](https://i.imgur.com/Gqu3AwC.png)
Buat gelang yang ada beadnya strapnya pakai Circle 28 vertex dan di Extrude[E] sedikit kearah pergelangan tangannya, sedangkat beadnya itu pakai Cube yang di subdiv[Right Click-Subdivide] dan 4 vertex pojoknya dikecilin pakai Size[S] habis itu buat Curve-Circle di Object Mode dan disamain sama bentuk strapnya di edit mode, habis itu object beadnya dikasih modifier Array sama Curve dengan targetnya curve yang dibuat tadi
![[Gambar: ofSePNH.png]](https://i.imgur.com/ofSePNH.png)
Sampai sini dulu pembahasan modelling baju dan aksesoris di kesempatan kali ini,
Terima Kasih Udah Baca
Jumpa lagi dilain kesempatan
![[Gambar: adios-adios-meme.gif]](https://media.tenor.com/WxmyWUCHOBEAAAAM/adios-adios-meme.gif)
Modelling Character IShowSpeed
Oke, yang pertama adalah Bajunya Speed
![[Gambar: ujHy1wf.png]](https://i.imgur.com/ujHy1wf.png)
Seperti yang sebelumnya, kita tidak pake concept art, yang kita jadikan referensi adalah Speed dari Livenya
![[Gambar: Hl6b2ZY.png]](https://i.imgur.com/Hl6b2ZY.png)
Sekarang Udah tau bentuknya, lanjut ke modelingnya.
Untuk baju Jersey sendiri, kita ambil torso dari model Low Poly Speed yang di-copy pake [Shift+D] terus kita size up pake [Alt+S] dan dibuat jadi object sendiri pake Separate[P]. lalu di sesuain lagi sedikit biar kelihatan lebih rapi.
![[Gambar: JaooLLu.png]](https://i.imgur.com/JaooLLu.png)
Setelah itu kita kasih beberapa Modifier
![[Gambar: QeYM8Xq.png]](https://i.imgur.com/QeYM8Xq.png)
Solidify buat kasih volume/ketebalan, Subdivision biar meshnya jadi halus, jadinya kaya gini
![[Gambar: IQpNhSB.png]](https://i.imgur.com/IQpNhSB.png)
Nah habis jersey-nya jadi lanjut ke batiknya
![[Gambar: ujHy1wf.png]](https://i.imgur.com/ujHy1wf.png)
Untuk proses pembuatannya hampir sama kaya bikin jersey, ambil mesh dari Low Poly model terus di Copy[Shift+D] dan di Size Up[Alt+S] lalu di Separate[P].
![[Gambar: XCR7Nhx.png]](https://i.imgur.com/XCR7Nhx.png)
Karena ini kemeja jadi bisa dibuka di tengahnya dan ada kerahnya, buat bikin bukaa? Tengahnya kita bisa delete face dengan seleksi beberapa Line[KeyboardNumKey-2] di bagian tengah dan extrude sedikit buat bikin tempat benik-nya, habis itu di geser-geser dikit biar kelihatan agak rapi
![[Gambar: rSevQJV.png]](https://i.imgur.com/rSevQJV.png)
Dan buat bikin kerahnya kita extrude bagian lubang leher dan di size up pakai[Keyboard-S] dan dibentuk biar keliatan kaya kerah
![[Gambar: Ny6uqKb.png]](https://i.imgur.com/Ny6uqKb.png)
Jersey udah, batik udah sekarang kita bikin celananya
![[Gambar: daRb7Nz.png]](https://i.imgur.com/daRb7Nz.png)
Kalau celananya sendiri itu dibuat dari circle 16 vertex yang di extrude ke atas dari ankle model 3d Speed dan mirror pakai mirror modifier
![[Gambar: Rm0vLPQ.png]](https://i.imgur.com/Rm0vLPQ.png)
Nah sekarang kita apply mirror modifier terus dikasih modifier Solidify sama Subdivision Subsurface, kita ubah dikit thickness dari solidify nya dan BAM!!!
![[Gambar: k5V337S.png]](https://i.imgur.com/k5V337S.png)
Dan jadilah model celananya
![[Gambar: P0qmVYa.png]](https://i.imgur.com/P0qmVYa.png)
Baju sama celana udah, bisa lanjut buat bikin yang lain
Tapi sebelum itu break dulu ngga sih
![[Gambar: rphF0ua.jpg]](https://i.imgur.com/rphF0ua.jpg)
Udah Sruput kopi/tehnya ?
Ok, sekarang lanjut ke sepatu
![[Gambar: 5bFXuK5.jpg]](https://i.imgur.com/5bFXuK5.jpg)
Kalau dilihat agak susah ya bentuknya, tapi ngga papa, pelan2 aja buatnya, Extrude itu kesini Insert ini masuk gini terus gitu dan TA-DA!!!
![[Gambar: ziNSECJ.png]](https://i.imgur.com/ziNSECJ.png)
Nah kalau udah jadi kita bisa tambah modifier Mirror, Solidify, dan Subdivision Subsurface
![[Gambar: keFk1sd.png]](https://i.imgur.com/keFk1sd.png)
Mirror modifier biar sepatunya jadi sepasang, ya masak sepatunya cuma satu wkwkwk
Solidify biar ada volumenya sepatunya
Subdiv buat nge-alusin biar ngga begitu blocky, dan jadinya kaya gini
![[Gambar: SBFfkvm.png]](https://i.imgur.com/SBFfkvm.png)
Sampai sini dulu pembahasan modelling baju dan aksesoris di kesempatan kali ini, jumpa lagi dilain kesempatan
Terima Kasih Udah Baca
Terima kasih telah bergabung dalam perjalanan kreatif bersama Animasi Club!
Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa eBook "8TH ANIMASI CLUB" kini dapat download secara Fair Donation (donasi untuk perkembangan komunitas Animasi Club) melalui Sociabuzz.
![[Gambar: thumbnail-ebook-2-768x768.png]](https://animasiclub.org/wp-content/uploads/2025/02/thumbnail-ebook-2-768x768.png)
Klik tautan ini jika ingin mendownload (PDF):
https://sociabuzz.com/animasiclub/b/8th-animasi-club-ebook-f58l
Akhirnya, terima kasih atas dukungan dan antusiasme Anda dalam dunia animasi.
Mari terus berkembang bersama komunitas!
Salam "Animasi Indonesia Tanpa Batas! "
- - -
Kami juga terbuka untuk potensi kerja sama. Jika Anda memiliki ide atau peluang kolaborasi, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email:
animasiclubs@gmail.com
team@animasiclub.org
Bagi Anda yang ingin berdonasi, silakan lakukan donasi melalui tautan berikut:
http://sociabuzz.com/animasiclub
- - -
Tetap terhubung dengan kami:
Website: animasiclub.org
Forum: animasiclub.org/forum/
Instagram: @animasi_club
▶️ YouTube: @animasiclub
![[Gambar: fwUo4rW.png]](https://i.imgur.com/fwUo4rW.png)
Di Project ini tidak ada concept art—tidak seperti studio game dan animasi yg ternama, referensi saja sudah cukup untuk project ini. Referensi yg saya kumpulkan dari artist Zaky George dan animasi Spider-man: Across the Spider-verse.
![[Gambar: Hdp8XXe.png]](https://i.imgur.com/Hdp8XXe.png)
![[Gambar: eDlwiBE.png]](https://i.imgur.com/eDlwiBE.png)
![[Gambar: 0t6Z8GN.png]](https://i.imgur.com/0t6Z8GN.png)
![[Gambar: wj936VS.png]](https://i.imgur.com/wj936VS.png)
"Buset, ini apa perlu bikin sampe ototnya juga bang?"
Iya, bikin sampe ototnya juga. Why? Yg pertama buat kita belajar, kedua biar tau bagaimana tubuh kita bekerja. It's a fun process i promise.
"Ok, klo gitu gimana cara bikinnya bang?"
Mulai dari bentuk simple, bulat. Kita pakai mirror modifier dan sculpt mode buat membentuk bodynya. Sama juga untuk begian kepala, pakai bentuk simple buat menandai tengkorak kepala, hidung, mulut, mata, dan telinga. Kita sebut ini proses blockout.
![[Gambar: sUTnWap.png]](https://i.imgur.com/sUTnWap.png)
![[Gambar: jbcjh98.png]](https://i.imgur.com/jbcjh98.png)
Setelah blockoutnya selesai, kita bisa merge semua bagian otot jadi satu objek. Kita bisa mulai ngehalusin pake smooth brush biar kaya manusia beneran.
![[Gambar: TizpOf3.png]](https://i.imgur.com/TizpOf3.png)
DILANJUTKAN DENGAN TAHAP YANG PALING MEMBOSANKAN!!! atau mungkin yang paling asik buat kalian.. Retopologi ini proses membuat ulang dari objek yang berat jadi ringan dengan cara bikin ulang alur topology yg rapi.
Kalian semua mungkin belum paham semua istilah yg dipake disini... ga masalah, bayangin aja kalian gambar orang pake kertas dan pensil, awalnya pasti dari sketsa coret2 smpe keliatan bentuknya kalau itu orang. Tapi kalian punya masalah, yaitu banyak coret2an sketsa dan ga bersih. Nah, kalian taruh kertas baru diatasnya, terus kalian bikin ulang gambarnya pake pulpen, lebih jelas dan lebih rapi. Persis kyak gitu retopology ini.
![[Gambar: WJLgJdo.png]](https://i.imgur.com/WJLgJdo.png)
![[Gambar: 1pYYBTP.png]](https://i.imgur.com/1pYYBTP.png)
Kenapa Retopology ini penting?? simple jawabannya. PC kalian gabisa nge-animate langsung dari objek sculpting karena berat, bahkan sekenceng apapun pcnya tetep gabisa. Makanya perlu di-retopology biar ringan dan bisa dianimasiin.
UV Unwrapping, beberapa orang mengutuk proses ini dan berharap digantikan oleh AI, beberapa ada yg suka proses ini. Secara pribadi, saya suka proses ini, rasanya satisfying bisa melihat 3D model berhasil dikelupas menjadi 2 dimensi.
![[Gambar: TnfE7Pd.png]](https://i.imgur.com/TnfE7Pd.png)
![[Gambar: vYu4uDb.png]](https://i.imgur.com/vYu4uDb.png)
Wow, kalian baca sampe sejauh ini!??
Atau mungkin kalian juga ikut membuat karakter sejauh ini? Kita ambil nafas sebentar dan apresiasi diri sendiri karena sudah sejauh sekarang ya.. terkadang tidak ada yang mengapresiasi apa yg sudah kita lakukan selama ini, dari orang disekitar kita atau bahkan yg terdekat. Saya juga mengapresiasi karena kalian adalah sebagian sedikit dari orang yang punya attention span sepanjang ini.
![[Gambar: UiBHkHD.png]](https://i.imgur.com/UiBHkHD.png)
And its ready for texture.
Export uv map to procreate buat texture (Base Color)-> masukin blender pake custom shader yang dibuat (toon shader yang titambahi glossy bsdf) (done).
Setelah di UV object akan menjadi 2D map yang siap di Texture
![[Gambar: xh4zz8M.png]](https://i.imgur.com/xh4zz8M.png)
Nah, map ini bisa di export buat di warnai di aplikasi mengambar. Lho kenapa ngga langsung diblender aja, kan ada texture paintnya juga?? Jawabannya ya, sebenernya cuman preferensi aja sih, nah disini kita bisa kasih object warna. Di tahap ini Tuangkan kreativitas kalian untuk menghidupkan object 3d itu.
![[Gambar: 13FwVGU.png]](https://i.imgur.com/13FwVGU.png)
![[Gambar: 7SeVnlT.png]](https://i.imgur.com/7SeVnlT.png)
Nah, begitu cara buat karakter IShowSpeed.
Izin share animasi yang lagi saya kerjain. IShowSpeed Indonesia Tribute ini ngehighlight momen-momen kocak Speed waktu mampir ke Indonesia kemarin.
Tonton di sini:
Pengerjaannya ini pake Blender versi 4.3.
3D Model karakter dan background dibuat di Blender.
Teksturnya di Photopea & Procreate. Photopea ini sama persis mirip photoshop, dipake buat bikin tekstur pattern yg seamless kyak batiknya speed. Klo Procreate ini ada di iPad, dipake buat ngetekstur wajah sama bodynya speed.
Kutipan:https://www.photopea.com/[/url]
https://procreate.com/
Rigging pake add-on Rigify, ada ditambahin bones sendiri menyesuaikan kebutuhan karakter misal rambut dan specular highlight mata.
Kutipan:[url=https://docs.blender.org/manual/en/2.81/addons/rigging/rigify.html]https://docs.blender.org/manual/en/2.81/addons/rigging/rigify.html
Lighting manfaatin fitur Light-linking yg baru. Rekomen sih ini. Simpelnya ini fitur buat ngatur lighting biar bisa fokus ke satu/beberapa objek, jadi ga semua kena lightingnya.
Kutipan:https://docs.blender.org/manual/en/lates...nking.html
Shadernya ini bikin sendiri. Tujuannya biar dapetin look yg unik aja.
Langit/awan pake add-on Dynamic Sky. Cara pakenya simpel dan hasilnya juga oke.
Kutipan:https://extensions.blender.org/add-ons/dynamic-sky/
Camera pake add-on Shakify. Fungsinya buat bikin gerakan kamera handheld.
Kutipan:https://extensions.blender.org/add-ons/camera-shakify/
Animasi on 2s pake add-on Stop-mo dari SouthernShotty. Gunanya buat ngebikin animasi jadi patah2, kesannya mirip kyak animasi Spiderman: Into the Spiderverse.
Kutipan:https://blendermarket.com/products/stop-mo
Terakhir, rendernya pake Eevee.
Silakan kalau ada masukan dari temen2.
Terima kasih!
- Kami membutuhkan dana sebanyak 1 milyar untuk 10 menit.
- Waktu pengerjaan 1 tahun jika dana sudah terkumpul.
- Dana yang sudah kami terima dari para donatur baruencapai 5jt rupiah.
Untuk lebih detail bisa cek website kami di:
www.wanaraanimation.com
![[Gambar: LOGO-ACI.png]](https://i.postimg.cc/Jn835ypq/LOGO-ACI.png)
Bayangkan dimasa depan, kata "ANIMASI" adalah istilah yang dikenal luas (populer) dalam percaturan animasi dunia, untuk menyebut karya animasi dari Indonesia. Seperti halnya sekarang jika kita mendengar kata "anime" adalah animasi buatan Jepang.
Kapan itu terealisasi?
Jika dan hanya jika lahir karya-karya otentik dari tangan kreator animasi Indonesia. Tidak hanya secara jumlah yang massive (banyak) tetapi juga secara keberagaman cerita, keberagaman style, artistik, inovasi, dan dramaturgi yang menyentuh setiap penonton animasi.
Apa itu Otentik?
Otentik bisa diartikan, tidak bagus atau tidak buruk. Sesuatu yang tidak bisa dibandingkan. Otentik saja! (khas). Sesuatu yang berkarakter kuat, seperti halnya warga di setiap daerah di Indonesia. Beragam! Ya, keberagaman adalah "kekayaan sesungguhnya" dari bangsa Indonesia. Seperti halnya sebuah tempat pendidikan, tempat bertumbuh, keberagaman di Indonesia bisa dimaknai sebagai "Ingredients/bumbu" untuk membuat sesuatu yang otentik, dalam hal ini adalah karya animasi.
Keberagaman melahirkan dialektika, jika bisa dirawat dengan baik maka keberagaman bisa melahirkan harmonisasi komunal. Sebuah keindahan yang hakiki. Ini adalah modal dasar yang BESAR yang bisa kita pakai sebagai orientasi (pijakan) dalam memberi nilai pada karya. Sebuah narasi untuk membuat dunia yang indah menjadi lebih indah lagi.
Sesuatu yang hari ini dimiliki bangsa Indonesia adalah warisan moyang kita. Bukan buatan kita! Jika karya-karya tersebut dimaknai ulang maka akan ditemukan nilai baru. Tidak perlu sama dengan yang terdahulu, cukup buat saja dengan caramu sendiri, cara generasi saat ini. Tidak untuk diperdebatkan yang tiada ujung, cukup buktikan saja dengan laku dan karya-karya.
Kutipan:Kita adalah penanda di jaman ini. Bukan hanya pewaris saja kan?
Animasi Club Indonesia memaknai "Dunia Animasi", dengan produk dan karyanya, sebagai "agen" untuk membawa visi diatas. Animasi tidak saja teknis dan alat untuk "menghidupkan" (anima), namun juga kehidupan itu sendiri. Kehidupan yang semakin digali, semakin tiada habisnya. Maka, ide-ide penciptaan tidak akan habis dibuat.
Bagaimana mendukung visi tersebut?
Sederhana, berkontribusi dengan caramu melalui animasi. Pada forum ini kamu bisa menjadi siapa saja, apa saja, bahkan tidak harus bekerja keras. Cukup bagikan pengalam yang ingin kamu bagikan. Dari menulis, membuat artikel, mengomentari, like, sharing, atau membicarakan apa yang sedang terjadi di dunia animasi bersama dengan kawan/kolegamu.
Kutipan:Bahan bakar utama dari forum ini adalah gotong-royong! Bekerjasama sesuai dengan kapasitas masing-masing.
Kutipan:Kita percaya bahwa, super power manusia ada pada kemampuan bekerjasama (cooperation). Cara terbaik dalam bekerjasama adalah "Narasi yang sama", dengan bercerita/storytelling
Satu lagi, menonton juga kegiatan penting. Ikut menjadi penonton yang baik juga merupakan kontribusi nyata. Sebuah apresiasi bagi para kreator animasi adalah jika film bertemu dengan penontonnya. Dan karya film akan mendapatkan penontonnya sendiri.
Kutipan:Hari ini, kita tumbuh bersama animasi, menjadi sebuah generasi baru sebagai agen perubahan dunia menjadi lebih baik. Kamu adalah saksinya!
Seberapa jauh forum ini berkontribusi pada pencapaian-pencapain animasi dunia?
Mari kita kerjakan sama-sama, bareng-bareng, dan kita lihat beberapa waktu kedepan.
Berikut adalah rangkuman VISI dan MISI Animasi Club Indonesia:
VISI
1. Menjadikan kata "ANIMASI" sebagai istilah yang dikenal luas untuk menyebut karya animasi dari Indonesia.
2. Membuat karya animasi Indonesia menjadi otentik, beragam, dan berkarakter kuat.
3. Menjadikan Indonesia sebagai pusat animasi dunia.
MISI
1. Mengembangkan karya animasi yang otentik, inovatif, dan berkualitas.
2. Meningkatkan kesadaran dan apresiasi masyarakat terhadap animasi Indonesia.
3. Membangun komunitas animasi yang solid dan saling mendukung.
4. Mengembangkan kerjasama dan kolaborasi antara kreator animasi.
5. Mempromosikan karya animasi Indonesia ke kancah internasional.
NILAI-NILAI
1. Keberagaman dan otentisitas.
2. Kerjasama dan gotong-royong.
3. Inovasi dan kreativitas.
4. Apresiasi dan penghargaan.
5. Perubahan positif dan kemajuan.
Salam Animasi
![[Gambar: Screenshot-63.jpg]](https://i.postimg.cc/q7pJZ7nb/Screenshot-63.jpg)
11 Second Club adalah komunitas animasi online yang populer di kalangan animator dan pecinta animasi. Berikut beberapa fakta menarik tentang 11 Second Club:
WEBSITE UTAMA:
https://www.11secondclub.com
Sejarah
1. Didirikan pada tahun 2003 oleh Troy Albert dan beberapa rekan animator.
2. Awalnya, situs ini digunakan untuk berbagi dan mendiskusikan teknik animasi.
Fitur Utama
1. Challenge Bulanan: Anggota dapat mengikuti tantangan membuat animasi dengan tema dan batasan waktu tertentu (11 detik).
2. Galeri: Kumpulan animasi karya anggota.
3. Forum: Diskusi tentang teknik animasi, perangkat lunak, dan industri animasi.
4. Tutorial: Sumber daya belajar animasi.
Manfaat
1. Meningkatkan keterampilan animasi melalui tantangan dan umpan balik.
2. Berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan animator lain.
3. Membangun portofolio dan kesempatan kerja.
4. Mengikuti perkembangan industri animasi.
Anggota
1. Lebih dari 100.000 anggota dari seluruh dunia.
2. Berbagai latar belakang: profesional, mahasiswa, hobiis.
Mendapat kritik dari senior animator industri:
CHANNEL: https://www.youtube.com/playlist?list=PL...anG1Z75JpQ
Pengakuan
1. Diakui sebagai salah satu komunitas animasi online terbaik.
2. Banyak anggota yang menjadi animator profesional di studio-studio terkemuka.
Kategori Animasi
1. Animasi 2D/3D.
2. Stop Motion.
3. Animasi komputer.
4. Teknik tradisional.
Cara Bergabung
1. Kunjungi situs resmi
2. Buat akun.
3. Ikuti challenge bulanan.
4. Unggah karya.
5. Berinteraksi dengan komunitas.
Sumber Belajar
1. Tutorial animasi.
2. Video pembelajaran.
3. Artikel industri.
4. Podcast.
Komunitas
1. Forum diskusi.
2. Grup Facebook.
3. Twitter.
4. Instagram.
Penghargaan
1. Penghargaan bulanan untuk karya terbaik.
2. Pengakuan industri.
Tips untuk Anggota Baru
1. Mulai dengan challenge sederhana.
2. Berikan umpan balik pada karya orang lain.
3. Ikuti tutorial dan sumber belajar.
4. Jangan takut mencoba hal baru.
1. LOGIN SEBAGAI ANGGOTA
- Klik registrasi dan masukkan email serta password
- Baca regulasi > Setujui
- Cek email yang kamu daftarkan dan konfirmasikan
- Kamu sudah menjadi anggota forum ACI (Animasi Club Indonesia)
2. PILIH KATEGORI FORUM
- Silakan berselancar sesuai minatmu
- Atau manfaatkan fitur pencarian berdasarkan kata kunci
- Jika sudah ingin menulis/membuat thread, ikuti langkah ketiga
3. MEMBUAT THREAD *Sebelum membuat thread/postingan, pastikan dulu belum ada tema/judul yang dibuat sebelumnya (search dulu).
Pada dasarnya sama dengan saat kamu menulis pada software MS Office/ Google Docs, terdapat kolom-kolom dan tombol-tombol editor untuk menyusun dan merapihkan tulisan.
![[Gambar: Screenshot-56.jpg]](https://i.ibb.co.com/k0RDskP/Screenshot-56.jpg)
- Menulis *Seperti metode pada umumnya
- Menyisipkan gambar atau Video *Gunakan pihak ketiga untuk hosting seperti Youtube untuk video dan imgbb.com
- Membuat Link Text
- Menyesuaikan ukuran font, ketebalan, italic, warna, dll
- Mengisi icon
- dll
![[Gambar: Screenshot-57.jpg]](https://i.ibb.co.com/2jvyD6R/Screenshot-57.jpg)
4. POSTING
- Klik tobol "Posting Thread" (Jika sudah dirasa cukup)
- Jika belum, manfaatkan tombol "Tampilan Posting"
- JIka masih ragu dan ingin melanjutkan di lain waktu, manfaatkan tombol "Simpan ke Draft" , bisa diakses lain wakktu.
Animacluber


“Animation is not the art of drawings that move but the art of movements that are drawn.” - Norman McLaren
“Nothing's occurring in animation - you manufacture everything.” - Gore Verbinski
““What I love most about animation is, it's a team sport, and everything we do is about pure imagination.” - Jeffrey Katzenberg
“A lot of the time in animation is spent getting the story right - that's something you can't rush.” - Jennifer Yuh Nelson
““If you're sitting in your minivan, playing your computer animated films for your children in the back seat, is it the animation that's entertaining you as you drive and listen? No, it's the storytelling. That's why we put so much importance on story. No amount of great animation will save a bad story.” - John Lasseter
FESTIVALS
- Annecy
- Rising of Lusitania
- O!PLA
- ITFS
WEBSITES
- Film Freeway
- Blendernation
- Cartoonbrew
- Zippy Frames