Categories Artikel Berita Festival

Festival Annecy 2017 fokus pada Animasi China (WOW)

Pada festival animasi th 2015 China mengirimkan wakil animasinya dengan menyewa stand di MIFA market sebanyak 2 buah, masing -masing untuk 2 propinsi terbesarnya. Sementara stand-stand tersebut biasanya diisi oleh wakil-wakil dari negara-negara penghasil animasi besar dunia.

Menurut berbagai sumber, animasi modern di China muncul sekitar tahun 1918, sementara industrinya dimulai pada masa 1920an. Ditandai dengan kemunculan film animasi Wan Brother. Pada era 70an. Hingga sekarang mereka mempunyai jumlah studio penghasil animasi yang sangat banyak, sekitar 10,000 studio.

FANTASTIS!

Sejak era milenium, China membuka akses terhadap dunia dan mulai mempublish produk-produk animasinya. Studio Hollywood pun sekarang sudah memulai kerjasama outsourcing produksi animasi kesana. Sebagai contoh DREAMWORKS SKG, mereka sudah FULL memproduksi ‘Kungfu Panda 3″ dengan studio-studio di China.

Jangan samakan kualitasnya dengan hape rakitan, soal animasi, China tidak diragukan lagi. Jepang dan Hollywood siap-siap saingan.


Chinese Animated Feature Trailer 我的师父姜子牙 Master Jiang and the Six Kingdoms

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=eA0JVAeSibc&w=640&h=360]

Bagaimana dengan di Indonesia? Jika apresiasi dan kerja keras animator, studio dan para pelaku kebijakan tidak ditingkatkan, maka sebaiknya siapin uang untuk beli tiket bioskop atau membeli paket 4G untuk berdecak kagum saja.

Menonton terus, atau mau outsourcing? 😉

Catatan kaki:
http://factsanddetails.com/china/cat7/sub42/item1832.html
https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Chinese_animated_films

More From Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like